Potensi Kelapa Negeri Oma sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat

Potensi Kelapa Negeri Oma sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat

Jurusan Kimia FMIPA Unpatti secara konsisten melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai kontribusi nyata ilmu kimia bagi masyarakat. Pengabdian yang dilaksanakan di Negeri Oma ini berlangsung pada 8-9 April 2021 dengan mengusung tema besar “Peningkatan Nilai Ekonomis Buah Kelapa”. Dari tema ini, Jurusan Kimia membawa empat tim pengabdian dengan empat produk unggulan yang sesuai dengan potensi sumber daya tanaman kelapa yang melimpah di Negeri Oma.

Kegiatan ini disambut baik oleh Kepala Pemerintahan Negri Oma, Edward Pattiata, yang menegaskan bahwa perlu adanya kerja sama dan pendampingan bagi kelompok PKK Negeri Oma. Ketua Jurusan Kimia juga membuka peluang kerja sama yang senada dan tindak lanjut sampai ke tingkat pemasaran produk sebagai produk unggulan Negeri Oma. 

Produk pertama yang diperkenalkan bagi masyarakat adalah pembuatan nata de coco  dari air kelapa. Tim yang dipimpin oleh Dr. Ivonne Telussa,M.Si ini memperkenalkan prosedur pembuatan produk nata de coco. Selain nata de coco, tim dari Jurusan Kimia juga mengajak masyarakat membuat produk kecap dari olahan air kelapa di bawah petunjuk Priska Pattiasina S.Si., M.Si. Produk ketiga yang diperkenalkan yaitu pembuatan cuka dari air kelapa yang diarahkan oleh Nelson Gaspersz, S.Si., M.Si. Sementara produk olahan santan yang memiliki nilai jual yang tinggi yaitu Virgin Coconut Oil (VCO) diperkenalkan oleh tim yang dipimpin oleh Dr. Catherina M. Bijang, M.Si.

Prosedur pembuatan keempat produk ini cukup sederhana dan mudah untuk dipahami oleh masyarakat. Antusiasme masyarakat terlihat dari fokus perhatian dan banyakna pertanyaan yang diajukan ketika masing-masing tim melakukan demo prosedur kerja. Kegiatan ini diakhiri dengan penutupan oleh staf pemerintahan Negeri Oma dan foto bersama Staf Jurusan Kimia, Pemerintah Negeri Oma dan masyarakat peserta kegiatan (SNJ).r

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *