Webinar Series #2 Jurusan Kimia FMIPA Unpatti

Webinar Series #2 Jurusan Kimia FMIPA Unpatti

Setelah sukses dengan webinar pertama yang digelar pada awal Juli 2020, Jurusan Kimia FMIPA Unpatti kembali menggelar webinar keduanya pada Selasa, 6 Oktober 2020. Tema yang diangkat pada webinar kedua ini yaitu Eksplorasi dan Aplikasi Lempung Asal Maluku. Webinar series #2 yang digelar secara daring kali ini menghadirkan tiga pembicara yang ahli dalam bidang eksplorasi material lempung antara lain Prof. Dr. Is Fatimah dari Universitas Islam Indonesia Yogyakarta serta dua doktor yang ahli dalam bidang lempung dari Jurusan Kimia FMIPA Unpatti yaitu Dr. Serly J. Sekewael, M.Si dan Dr. Chaterina M. Bijang, M.Si serta dimoderatori langsung oleh Ketua Jurusan Kimia FMIPA Unpatti, Dr. Yusthinus T. Male, M.Si.

Acara Webinar #2 ini diselenggarakan juga atas kerjasama Jurusan Kimia FMIPA Unpatti dengan Himpunan Kimia Indonesia (HKI) Cabang Maluku dan Maluku Utara. Ketua HKI Maluku dan Maluku Utara, Dr. Muliadi, M.Si dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan ini dan mendorong kegiatan sejenis diselenggarakan untuk menghidupkan atmosfer riset selama masa pandemi. Selain itu Dekan FMIPA Unpatti, Prof. Dr. Pieter Kakisina, M.Si pada saat memberikan pidato pembukaannya juga mengharapakan adanya kerjasama riset yang dapat dibangun melalui kegiatan ini.

Eksplorasi lempung diangkat sebagai tema webinar #2 ini sebagai kelanjutan dai rangkaian eksplorasi potensi alam Maluku setelah webinar #1 mengangkat tema metabolit sekunder tumbuhan rempah Maluku. Hal ini juga menunjukkan bahwa lempung sebagai kekayaan alam Maluku di permukaan daratan begitu melimpah sehingga sangat berpotensi untuk dikembangkan sebagai material fungsional dengan nilai ekonomis yang lebih tinggi. Secara tradisional, material ini hanya dimanfaatkan sebagai produk tembikar dan batu bata.

Oleh karena itu, dengan adanya kemajuan teknologi ilmu pengetahuan, material lempung dapat dieksplorasi lebih lanjut menjadi material fungsional dengan berbagai aplikasi antara lain sebagai adsorben logam berat, katalis, maupun dalam sintesis nanomaterial dan berbagai aplikasi lainnya yangs edang dikembangkan.

Webinar series #2 ini mendapat antusias dari berbagai kalangan akademisi, peneliti, dan mahasiswa dari berbagai kampus maupun instansi terkait di Indonesia. Setelah menyelenggarakan webinar series #2 ini, Jurusan Kimia mengharapkan akan ada manfaat positif dan peluang kerjasama riset guna pengembangan potensi alam ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *