Kuliah Umum “Peningkatan Kualitas Riset dan Publikasi”

aJurusan Kimia FMIPA Unpatti mengadakan Kuliah Umum pada hari Jumat tanggal 16 Maret 2018, bertempat di Ruang Kuliah Kimia I Gedung Biotek FMIPA. Pada Kuliah Umum kali ini, Tema yang diangkat adalah “Peningkatan Kualitas Riset  dan Publikasi”, dan yang menjadi pembicara adalah  Bapak Dr. Yusthinus T. Male, M.Si yang juga merupakan Ketua Jurusan Kimia FMIPA Unpatti dan dipandu oleh Ibu  Fensia A. Souhoka, S.Si, M.Sc sebagai moderator.

Dihadapan mahasiswa dan Staf Dosen Jurusan Kimia, Dr. Yusthinus menegaskan pentingnya kualitas Riset dan Publikasi di era global seperti sekarang ini. Kemajuan Riset dan teknologi sekarang ini sangat berkembang pesat sehingga untuk dapat bersaing, kita harus meningkatkan mutu dari penelitian dengan cara menggali ide-ide penelitian yang inovatif, efisen dari segi pembiayaan serta memperhatikan asas manfaat dari penelitian tersebut.

Suatu Riset yang baik harus dikemas dalam suatu Publikasi yang baik pula. Hal ini merupakan tantangan bagi kita Jurusan Kimia kedepannya. Dr. Yusthinus dalam pemaparannya memberikan kiat-kiat publikasi ilmiah, baik pada Jurnal Nasional maupun Jurnal Internasional. Beliau juga banyak berbagi pengalaman, selama melakukan penelitian bersama Peneliti di Southern Cross University (SCU), Australia. Kuliah umum ini diharapkan dapat membuka wawasan mahasiswa dan staf dosen Jurusan Kimia akan pentingnya Riset dan Publikasi serta optimis bahwa Jurusan Kimia Unpatti mampu bersaing baik di Nasional maupun Internasional. Selain Kuliah Umum, pada hari yang sama diadakan pula senam bersama Jurusan Kimia yang dihadiri oleh civitas FMIPA Unpatti. (SSP)

bc